Penerapan dan Implementasi Kurikulum Ismuba terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul

  • Wisnu Giri Antoro Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Anita Aprilia Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Hendro Widodo Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Abstract

The moral degradation that occurs in the current era is a very worrying thing. Therefore, it is necessary to conduct further research on this matter. As such, this study discusses more about the application of the Ismuba curriculum in an effort to form Islamic character in Muhammadiyah Al Mujahidin Middle School students. The purpose of this study is to analyze the application of the ismuba curriculum that is run at SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. This research will reveal the conditions that occur in the field related to Al Mujahidin or can be called a descriptive qualitative method. Meanwhile, the data obtained came from interviews with school principals, waka curriculum related to curriculum development and documents regarding the curriculum of SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Based on the results of the research conducted at SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, especially regarding the implementation and application of the ismuba curriculum in an effort to form the Islamic character of SMP Muhammadiyah Al Mujahidin students, it has been going very well, but of course there are still shortcomings, such as the collaboration between teachers who still have to continue improved, so that the plans in the curriculum can be implemented more optimally.


Degradasi moral yang terjadi pada era sekarang merupakan hal yang sangat memprihatinkan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini lebih membahas mengenai penerapan kurikulum ismuba dalam upaya pembentukan karakter islami pada siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa penerapan kurikulum ismuba yang dijalankan di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengungkap kondisi yang terjadi di lapangan yang berkaitan dengan Al Mujahidin. Adapun data-data yang diperoleh berasal dari wawancara dengan kepala sekolah dan waka kurikulum terkait pengembangan kurikulum dan dokumen-dokumen mengenai kurikulum yang dimiliki SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Berdasarkan hasil penelitian, khususnya mengenai pelaksanaan dan penerapan kurikulum ismuba dalam upaya pembentukan karakter islami siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin sudah berjalan dengan sangat baik, akan tetapi tentu masih ada kekurangan, seperti pada kerjasama antar guru yang masih harus terus ditingkatkan, agar rencana dalam kuikulum bisa terlaksana dengan lebih maksimal.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Idi. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori & Praktek. Raja Grafindo Persada.
Akhwan, M. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi, 7(1), 61–67.
Arifin, M. (2000). Filsafat Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Damayanti, E., Septuri, S., & Suherman, S. (2019). Pengetahuan Deklaratif Siswa Tunanetra Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(2), 173–173.
Huda, A. N. (2018). Evaluasi Kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab Berbasis Integratif-Holistic di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Tarbiyatuna, 9(2).
John, A. (2010). Membangun Karakter Tangguh Mempersiapkan Generasi Anti Kecurangan. In Portico Publshing.
Kasali, R. (2017). Disruption. PT Gramedia Pustaka Utama.
Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94.
Muhammadiyah, M. D. P. (2007). Standar Isi dan Kompentensi Lulusan Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Majelis Dikdasmen PP. Muhammadiyah.
Nasional, D. P. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Cet. 18, E). Gramedia Pustaka Utama.
Ramayulis dan Samsul Nizar. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Ramdhani, M. A. (n.d.). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.
Sugiono. (2007). Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 309–322.
Tantowi, T. R., & Widodo, H. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum Ismuba Sd Muhammadiyah Kalisoka Sentolo Kulonprogo DIY. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 54–63.
Published
2022-08-24
How to Cite
ANTORO, Wisnu Giri; APRILIA, Anita; WIDODO, Hendro. Penerapan dan Implementasi Kurikulum Ismuba terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 1057-1066, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/809>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.809.