GAGASAN KONSEPTUAL SUPERVISOR PENDIDIKAN TENTANG PEMBELAJARAN INOVATIF MODEL LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR GUNA MENINGKATKAN MUTU GURU MENGAJAR

  • Sarmin Usman SDN 03 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato

Abstract

Rumusan Masalah Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka dalam penelitian tindakan sekolah ini difokuskan pada penelitian masalah memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Apakah  kemampuan guru  dalam  memanfaatkan  lingkungan  sekolah sebagai sumber  belajar dapat ditingkatkan di  SDN 03 Taluditi    Kecamatan Taluditi  Kabupaten Pohuwato  Tahun Pelajaran 2017/2018 ? 2. Apakah  terjadi peningkatan kemampuan guru  dalam PBM dengan  memanfaatkan  lingkungan  sekolah sebagai sumber  belajar  di  SDN 03 Taluditi    Kecamatan Taluditi  Kabupaten Pohuwato  Tahun Pelajaran 2017/2018 ?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari dilaksanakan penelitian tindakan sekolah ini adalah : (a). Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di  SDN 03 Taluditi    Kecamatan Taluditi  Kabupaten Pohuwato  Tahun Pelajaran 2017/2018, (b). Guru SDN 03 Taluditi    Kecamatan Taluditi  Kabupaten Pohuwato  Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat menyempurnakan metode pembelajaran yang  diterapkan di  sekolah sehingga dapat meningkatkan kreativiats, motivasi dan hasil belajar siswa. Dari 8 orang guru yang terlibat, 5 orang guru sudah mendapat skor dengan katagori “baik” sedangkan 3 orang dengan katagori “cukup”.Oleh karena itu dilanjutkan dengan tindakan siklus II yang hasilnya secara umum ada peningkatan ke arah yang lebih baik yaitu 75% guru sudah mendapatkan katagori baik dengan skor rata-rata 80 – 89.Hal ini sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Secara rinci perolehan nilai rata-rata peningkatan kemampuan guru memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yaitu nilai rata-rata observasi hasil kegiatan diskusi 79,38 di siklus I menjadi 84,88 di siklus II ada peningkatan 5,5. kegiatan  penyusunan skenario  pembelajaran nilai rata-rata 78,75 di siklus I menjadi 82,50 di siklus II ada peningkatan 3,75, kegiatan pembelajaran atau dalam proses belajar mengajar nilai rata-rata 78,33 di sklus I menjadi 82,08 di siklus II, ada peningkatan 3,75. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan siklus I dan siklus II tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: Ada peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di  SDN 03 Taluditi    Kecamatan Taluditi  Kabupaten Pohuwato  Tahun Pelajaran 2017/2018

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-09
How to Cite
USMAN, Sarmin. GAGASAN KONSEPTUAL SUPERVISOR PENDIDIKAN TENTANG PEMBELAJARAN INOVATIF MODEL LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR GUNA MENINGKATKAN MUTU GURU MENGAJAR. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 179, may 2018. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/81>. Date accessed: 20 june 2021.