Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengucapkan Alphabet Bahasa Inggris Melalui Model Talking Stick di Kelas I SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo

  • Wiwy Triyanty Pulukadang Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini tentang Apakah melalui talking stick kemampuan siswa mengucapkan alphabet bahasa Inggris di kelas I SDN 5 Tilango Kab. Gorontalo dapat meningkat? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa mengucapkan alphabet bahasa Inggris di kelas I SDN 5 Tilango Kab. Gorontalo.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada observasi awal kemampuan siswa mengucapkan alphabet bahasa Inggris 3 orang siswa atau 14% yang mampu. Selanjutnya, pada siklus I belum memperlihatkan peningkatan, masih 3 orang siswa yang mampu atau 14%. Terakhir, pada siklus II siswa yang mampu menjadi 18 orang siswa atau 86%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui talking stick dapat meningkatkan kemampuan mengucapkan alphabet bahasa Inggris di kelas I SDN 5 Tilango Kab. Gorontalo.


 


The problem in this research is about Is it through talking stick that students ability to pronounce the English alphabet in class I SDN 5 Tilango Kab. Gorontalo can improve? Meanwhile, the purpose of this research is to improve the students ability to pronounce the English alphabet in class I SDN 5 Tilango Kab. Gorontalo. This research was carried out in two cycles, namely cycle I and cycle II. In the initial observation, the students ability to pronounce the English alphabet was 3 students or 14% who were able. Furthermore, in the first cycle has not shown an increase, there are still 3 students who are able or 14%. Finally, in the second cycle, 18 students or 86% were able to do so. It can be concluded that through talking sticks can improve the ability to pronounce the English alphabet in class I SDN 5 Tilango Kab. Gorontalo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas. Cetakan IV. Aditya Media. Yogyakarta
Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Yrama Widya. Bandung
Cahyo, N. Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press. Yogyakarta
Caplin, J,P. (2000). Kamus Lengkap Psikologi. Rajawali Pers. Jakarta

Depdiknas. (2003). Model pembelajaran Bahasa Inggris SD. Balitbang Pendidikan Nasional. Jakarta

_________ (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta
Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Referensi. Yogyakarta
Furchan, Arief. (2011). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Cetakan ke-4. Pustaka Pelajar.Yogyakarta
Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Kencana Prenada MediaGroup. Jakarta
Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta
Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung
Mangkunegara. (2000). PPSDM. Refika Aditama. Bandung
Masnur, Muslich. (2007). KTSP, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara. Jakarta
Muchtar, Al Suwarma. (2004). Epistemologi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Gelar Pustaka Mandiri. Jakarta
Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Metode Penelitian Tindakan. Remaja Rosda Karya. Bandung
Pulukadang, Wiwy Triyanty. (2021). Buku Ajar Pembelajaran Terpadu. Ideas Publishing. Gorontalo
Wirawan. (2002). Profesi dan Standar Evaluasi. Yayasan & UNHAMKA Press. Jakarta
Published
2022-05-30
How to Cite
PULUKADANG, Wiwy Triyanty. Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengucapkan Alphabet Bahasa Inggris Melalui Model Talking Stick di Kelas I SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 649-654, may 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/810>. Date accessed: 03 dec. 2022.