Hubungan Kinerja Pengurus dengan Kepuasan Anggota Koperasi di Kabupaten Bintan

  • Octojaya Abriyoso STIE Pembangunan Tanjungpinang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kinerja pengurus Koperasi dan kepuasan anggota Koperasi Husada Karya Jaya. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 138 orang anggota koperasi. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah berdasarkan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian didapat bahwa berdasarkan output hasil pengolahan menggunakan SPSS 22 diketahui nilai signifikansi atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,008 karena nilai Sig. (2-tailed) 0,008 < 0,05 maka artinya ada hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel kinerja pengurus dengan kepuasan anggota Koperasi Husada Karya Jaya.


 


This study aims to determine the relationship between the performance of the Cooperative management and the satisfaction of the members of the Husada Karya Jaya Cooperative. This type of research is quantitative associative with a sample of 138 cooperative members. The sampling technique used is based on the saturated sample technique. The results showed that based on the output of processing using SPSS 22, it was known that the significance value or Sig. (2-tailed) of 0.008 because the value of Sig. (2-tailed) 0.008 < 0.05, it means that there is a significant (mean) relationship between the management performance variable and the satisfaction of the members of the Husada Karya Jaya Cooperative.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisaputro, Gunawan. (2014). Manajemen Pemasaran (Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Anoraga. (2011). Psikologi Manajemen. Bandung: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Catur, I Ketut, and Nyoman Djinar Setiawina. (2018). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Anggota Koperasi Dan Kesejahteraan Anggota Pada Koperasi Unit Desa (kud) di kabupaten jembrana.” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 7(12).
Dahlia, Eli. (2018). “Pengaruh Kinerja Pengurus Terhadap Kepuasan Anggota Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) KOKARDAN Kabupaten Majalengka.” Jurnal Ilmiah Indonesia 3(1).
Fahmi, Irham. (2014). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Gerson, Richard F. (2017). Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: pPM.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hughes, R. L., R. C. Ginnet, and G. J Curphy. (2012). Leadership: Memperkaya Pelajaran Dari Pengalaman. 7th ed. Jakarta: Salemba Humanika.
Irawan, and Japarianto. (2013). “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan.” Jurnal Manajemen Pemasaran 1(2).
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th ed. New York: Pearson Education Inc.
Lutvita, Priska Ardiana Adi, Maisyaroh, and Juharyanto. (2018). “Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Anggota Koperasi Mahasiswa.” Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan 1(1).
Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. 2nd ed. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Rangkuti, Freddy. (2015). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
———. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. 4th ed. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. 4th ed. Yogyakarta: ANDI.
Umar, Husein. (2014). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. 2nd ed. Jakarta: Rajawali Pres.
Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.
Zuliya, Makhdalena, and Gimin. (2018). “Hubungan Kinerja Pengurus Terhadap Kepuasan Anggota Pada Koperasi Khizainul Khoir Desa Alahair KabupatenKepulauan Meranti.” Jom fkip 5(2).
Published
2022-05-24
How to Cite
ABRIYOSO, Octojaya. Hubungan Kinerja Pengurus dengan Kepuasan Anggota Koperasi di Kabupaten Bintan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 567-572, may 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/816>. Date accessed: 03 dec. 2022.