Analisis Penerapan Pengetahuan Orang Tua dalam Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

  • Tiara Permata Bening UIN Sunan Kalijaga
  • Ichsan Ichsan UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Knowledge about early childhood development is urgent. Because through the knowledge of parents can provide maximum stimulation. The purpose of the study was to find out how parents knowledge, the application of parental knowledge in stimulating child development and the factors that influence the application of parental knowledge in stimulating child development. This research uses field study method. The result is that the knowledge of parents in the aspect of developing religious and moral values ​​is quite good, the physical motor aspect is sufficient, the cognitive aspect is lacking, the language and social emotional aspects are good. The stimulation provided in developing various aspects of child development is adjusted to the aspects. Except for cognitive development, the stimulation given by parents is not appropriate for their age. Factors that influence this include education, work and busyness, parental awareness of the importance of child development, problems children have, and digital media.


Pengetahuan tentang perkembangan anak mulai dari usia dini merupakan hal penting. Hal ini karena pengetahuan orang tua dapat memberikan stimulasi dengan maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan orang tua, penerapannya dalam stimulasi perkembangan anak, dan faktor yang berpotensi mempengaruhi penerapan pengetahuan orang tua saat menstimulasi perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan orang tua di dalam aspek perkembangan nilai agama dan moral cukup baik, aspek fisik motorik cukup, aspek kognitif kurang, aspek bahasa dan sosial emosional baik. Stimulasi yang diberikan dalam mengembangkan aspek anak disesuaikan dengan aspeknya. Kecuali perkembangan kognitif stimulasi yang diberikan orang tua belum tepat sesuai usianya. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut meliputi pendidikan, pekerjaan, kesadaran orang tua, problem anak, dan media digital.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrillah, T. (2017). Memahami Psikologi Perkembangan Anak Bagi Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. An-Nahdhah, 01(2).
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Bening, T. P., & Diana, R. R. (2022). Pengasuhan Orang Tua dalam Mengembangkan Emosional Anak Usia Dini di Era Digital. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(1), 179. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.643
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Haryanti, D., Ashom, K., & Aeni, Q. (2019). Gambaran Perilaku Orang Tua dalam Stimulasi Pada Anak yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2), 64. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.64-70
Hati, F. S., & Lestari, P. (2016). Pengaruh Pemberian Stimulasi pada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan di Kecamatan Sedayu, Bantul. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 4(1), 44. https://doi.org/10.21927/jnki.2016.4(1).44-48
Iskandar, P. A. (2021). Kritikal Review Parenting melalui Pengetahuan Orang Tua, Sikap, dan Praktik terhadap Perkembangan Anak. WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan …, 01, 1–13. http://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada/article/view/228%0Ahttps://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada/article/download/228/171
Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) Stppa Tercapai di Ra Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064
Kosegeran, H., Ismanto, A., & Babakal, A. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dini dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Ranoketang Atas. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 1(1), 112269.
Nurlaeni, & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 4-6 Tahun Pendahuluan. Pendidikan adalah proses pemberian rangsangan pendidikan dimulai dari sejak lahir sampai usia enam tahun untuk dan membantu pembelajaran yang dilaksanakan oleh indiv. Pelita PAUD, 2.
Pazilion, Padila, & Andri, J. (2021). Pengetahuan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Oleh Guru. 3, 6.
Rantina F, M., Hasmalena, & Nengsih, Y. K. (2021). Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun Selama Pandemi Covid- 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2 (2021)), 1578–1584. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/891
Renteng, S. (2021). Stimulasi Perkembangan Pada Anak Prasekolah. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849 e-ISSN : 2548-1398, 6(3), 6.
Retnaningrum, W. (2016). Peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini melalui media bermain memancing. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 207. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11284
Riyadi, E. K. S., & Sundari, S. (2020). Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 60-72 Bulan. Jurnal Ilmu Kebidanan, 6, 59–75.
Safitri, L. N. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Anak. 1.
Silawati, E. (2012). Stimulasi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Endah Silawati 1. Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 16.
Sulistyowati, D. (2019). Keterlibatan Ayah dalam Pemberian Stimulasi Tumbuh Kembang pada Anak Prasekolah. Jkep, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.32668/jkep.v4i1.276
Suryana, D. (2014). Kurikulum pendidikan Anak Usia Dini berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 2(1), 65–72.
Suryana, Dadan. (2019). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak (2nd ed.). Prenandamedia Group.
Syafi, I., & Solichah, E. N. (2021). Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Ummul Quro Talun Kidul. 5(02), 83–88.
Talango, S. R., & Pratiwi, W. (2018). Aesmen Perkembangan Anak (Studi Kasus Asesmen Perkembangan Anak Usia 2 Tahun). TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 49–60.
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Published
2022-08-16
How to Cite
BENING, Tiara Permata; ICHSAN, Ichsan. Analisis Penerapan Pengetahuan Orang Tua dalam Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 853-862, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/829>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.829.