Pengaruh Resiliensi Akademik dan Kebersyukuran terhadap Grit Mahasiswa Pada Perkuliahan Online Statistika

  • Abdullah Syifa IAIN Pontianak

Abstract

This study suspects that there is a partial and simultaneous influence of academic resilience and gratitude on student grit in statistics courses during online lectures. This research approach is quantitative, with expost facto type. Total sampling technique was chosen with a total of 60 students. Data were collected using a questionnaire, and the analysis technique was through multiple regression test. The result of the research is that partially the academic resilience variable and the gratitude variable have a positive effect on the grit variable, with a significance value of 0.001 and 0.000, respectively (< 0.05). Simultaneously has a positive effect with a significant value of 0.000 (< 0.05). The regression coefficient of determination is 72.1%, and 27.9% is contributed by other independent variables.


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada pengaruh parsial dan simultan resiliensi akademik dan kebersyukuran terhadap grit mahasiswa pada mata kuliah statistika selama perkuliahan online. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenisnya expost facto. Teknik total sampling dipilih dengan jumlah 60 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, dan teknik analisisnya melalui uji regresi ganda. Hasil penelitiannya adalah secara parsial variabel resiliensi akademik dan variabel gratitude berpengaruh positif terhadap variabel grit, dengan nilai signifikansi masing-masing 0,001 dan 0,000 (< 0,05). Secara simultan berpengaruh positif dengan nilai signifikan 0,000 (< 0,05). Koefisien determinasi regresi sebesar 72,1%, dan 27,9% disumbang oleh variabel independen lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldyafigama, N. S., Baihaqi, M., & Pujasari, Y. (2019). Self-Compassion Tunanetra Dewasa: Efek Koping Religius Dan Rasa Syukur. Jurnal Psikologi Insight, 3(1), 78–89. https://doi.org/10.17509/insight.v3i1.22255
Amelasasih, P., Aditama, S., Wijaya, M. R., & Gresik, U. M. (2018). Resiliensi Akademik dan Subjective Well-Being Pada Mahasiswa. National Conference Psikologi UMG, 161–167.
Ardis, N., & Aliza, M. (2021). Grit as a Solution for Academic Stress in Students during the Covid-19 Pandemic. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 4–9.
Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Ayudahlya, R., & Kusumaningrum, F. A. (2019). Kebersyukuran dan Kesejahteraan Subjektif pada Guru Sekolah Luar Biasa. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 24(1), 13–26. https://doi.org/10.20885/psikologi.vol24.iss1.art2
Fortune, M. F., Spielman, M., & Pangelinan, D. T. (2011). Students Perceptions of Online or Face-to-Face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), 1–16.
Gumilar, F. U., & Uyun, Q. (2009). Kebersyukuran dan Kebermaknaan Hidup Pada Mahasiswa. Psikologika : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 14(1), 65–70.
Gunawan, C. (2018). Mahir Menguasai SPSS: Mudah mengolah Data dengan IBM SPSS Statistic 25). Deepublish.
Hendriani, W. (2017). Adaptasi Positif pada Resiliensi Akademik Mahasiswa Doktoral. Humanitas, 14(2), 139–149.
Kumalasari, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi Akademik dan Kepuasan Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19: Peran mediasi Kesiapan Belajar Daring. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 353–368. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.4139
Kumar, V., & Nanda, P. (2019). Social Media in Higher Education: A Framework for Continuous Engagement. International Journal of Information and Communication Technology Education, 15(1), 109–120. https://doi.org/10.4018/IJICTE.2019010108
Kusumastuti, W., Setyorini, N., & Laksono, R. A. (2017). Makna Kebersyukuran Berdasarkan Kajian Psikologis dan Kajian Tafsir Al Misbah. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Budaya, 1(01).
Lin, E. Z. F., & Lin, C. H. (2015). the Effect of Teacher-Student Interaction on Students Learning Achievement in Online Tutoring Environment. International Journal of Technical Research and Applications, 22(22), 19–22. www.ijtra.com
Listiyandini, R. A., Nathania, A., Syahniar, D., Sonia, L., & Nadya, R. (2017). Mengukur Rasa Syukur: Pengembangan Model Awal Skala Bersyukur Versi Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat, 2(2), 473. https://doi.org/10.24854/jpu22015-41
Mokosolang, C., Prang, J., & Mananohas, M. (2015). Analisis Heteroskedastisitas pada Data Cross Section dengan White Heteroscedasticity Test dan Weighted Least Squares. DCARTESIAN, 4(2), 172. https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.9056
Muenks, K., Wigfield, A., Yang, J. S., & ONeal, C. R. (2017). How True is Grit? Assessing its Relations to High School and College Students Personality Characteristics, Self-Regulation, Engagement, and Achievement. Journal of Educational Psychology, 109(5), 599.
Muhson, A. (2005). Penerapan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Statistika Lanjut. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2(3).
Nurhayati, T., Andriani, M., & Fatonah, S. (2022). Penerapan Aplikasi Google Meet dalam Perkuliahan Daring Mahasiswa PGMI pada Mata Kuliah Pengukuran Geometri. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 37. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.587
Pratiwi, Z. R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan Orang Tua dan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa The Parental Support and Academic Resilience among Undergarduate Students. 13(2), 138–147.
Rachmadi, A. G., Safitri, N., & Aini, T. Q. (2019). Kebersyukuran: Studi komparasi perspektif psikologi barat dan psikologi Islam. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 24(2), 115–128. https://doi.org/10.20885/psikologi.vol24.iss2.art2
Radovan, M., & Makovec, D. (2015). Adult learners learning environment perceptions and satisfaction in formal education-case study of four East-European countries. International Education Studies, 8(2), 101–112. https://doi.org/10.5539/ies.v8n2p101
Riyanto, S., & Nugrahanti, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 62. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1590
Sari, J., & Suhariadi, F. (2019). Kontrak Psikologis terhadap Commitment to Change: Resiliensi Akademik sebagai Variabel Mediasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 178–192. https://doi.org/https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2535
Septania, S., & Ishar, M. (2018). Pengaruh Grit Terhadap Prokastinasi Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung. SemNasPsi (Seminar Nasional Psikologi), 1(1), 16–28.
Septiani & Fitria. (2016). Hubungan Antara Resiliensi dengan Stres Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan. Jurnal Penelitian Psikologi, 07(02), 59–76.
Situmeang, M. S., & Syamsudin. (2021). Pengaruh Sikap Resiliensi pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 103–130. https://doi.org/https://doi.org/10.54150/thawalib.v1i1.21
So, S. (2016). Mobile Instant Messaging Support for Teaching and Learning in Higher Education. Internet and Higher Education, 31, 32–42. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.06.001
Sriningsih, M., Hatidja, D., & Prang, J. D. (2018). Penanganan Multikolinearitas dengan Menggunakan Analisis Regresi Komponen Utama pada Kasus Impor Beras di Provinsi Sulut. Jurnal Ilmiah Sains, 18(1), 18. https://doi.org/10.35799/jis.18.1.2018.19396
Syifa, A. (2021). Pengaruh Kesiapan Belajar Online dan Motivasi Belajar Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa Baru Program Studi Manajemen Dakwah. 4(1), 11–20.
Takiuddin, M., & Husnu, M. (2020). Grit dalam Pendidikan. Jurnal Konseling Pendidikan, 4(2), 52–58.
Vivekananda, N. L. A. (2018). Studi Deskriptif mengenai Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(3), 183. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i3.756
Wahab, A., Mahmud, A., & Tiro, M. A. (2018). The Effectiveness of a Learning Module for Statistical Literacy. The New Educational Review, 53(3), 187–199.
Wijayanti, S., Rahmatika, R., & Listiyandini, R. A. (2020). Kontribusi Kebersyukuran dalam Peningkatan Kualitas Hidup Kesehatan pada Remaja di Panti Asuhan. Psycho Idea, 18(1), 33. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i1.4123
Published
2022-08-15
How to Cite
SYIFA, Abdullah. Pengaruh Resiliensi Akademik dan Kebersyukuran terhadap Grit Mahasiswa Pada Perkuliahan Online Statistika. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 823-832, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/851>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.851.