Pengaruh Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar IPS Tema Kayanya Negeriku pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

  • Alifia Reihana Ardian Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka
  • Onny Fitriana Sitorus Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

This exploration applies quantitative exploratory strategies, the center is to see that there is no impact of the Learning Cycle on friendly examinations learning results. This review applies semi exploratory strategies whose subjects are trial and control classes. The example is class IV A 30 understudies and class B 30 understudies, so the populace is 60 understudies. This analysis test takes the form of a normality test (Liliefor test) and a homogeneity test (Fisher test). The final result of the t-test is thitung = 3,23>ttabel = 2,00 then H0 is rejected while H1 is accepted. Thus, it implies that there is an influence of the learning cycle on social studies learning outcomes.


Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif eksperimen. Tujuannya untuk melihat ada tidaknya pengaruh learning cycle terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini mengaplikasikan metode quasi eksperimen yang subjeknya kelas eksperimen dan kontrol. Sampelnya kelas IV A 30 siswa dan kelas B 30 siswa, sehingga populasinya 60 siswa. Pengujian analisis ini berbentuk uji normalitas (uji Liliefors) dan uji homogenitas (uji Fisher). Hasil akhir uji-t yakni thitung = 3,23 > ttabel = 2,00, maka H0 ditolak sementara H1 diterima. Dengan ini, memiliki implikasi bahwa ada pengaruh Learning Cycle terhadap hasil belajar IPS.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, A. A. M. (2021). Analisis Pembelajaran Ips Di Sd/Mi dalam Kurikulum 201. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.266
Darmayanti, M. I. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Motivasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Menyimak (Listening). Jurnal Pendidikan, 1(10), 1–10.
Gunawan, M. A. (2015). Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. In Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. Parama Publishing.
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200.
Maryani, I. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. K-Media.
Octavia, S. A. (2020). Model - Model Pembelajaran. Deepublish.
Pertiwi, N. K. R., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2878
Rismayani, R., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 32–41. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2879
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.
Supriono, Y. (2018). Pembelajaran Ips Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 12(32), 89–94. https://doi.org/10.38075/tp.v12i32.57
Susilaningtiyas, D. E. (2022). Sumber belajar IPS berbasis ethnopedadogy. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 9(1), 18–30.
Susilowati, A. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar : Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun , Kutai Kartanegara. Jipsindo (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(1), 31–43. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/47123
Wahyuni, Z., Syamsu, S., & Muslimin, M. (2013). Penerapan Model Learning Cycle Tipe 5E dengan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xc SMA Negeri 2 Dolo. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(1), 28–32. https://doi.org/10.22487/j25805924.2013.v1.i1.2369
Widhy, P. (2012). Learning Cycle Sebagai Upaya Menciptakan Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional, 20, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id
Yuliantii, Y. (2015). Penerapan Model Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 61.
Published
2022-08-24
How to Cite
ARDIAN, Alifia Reihana; SITORUS, Onny Fitriana. Pengaruh Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar IPS Tema Kayanya Negeriku pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 1079-1084, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/880>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.880.