Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi

  • Mawardi Hulinggi Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurdin Mohamad UNG

Abstract

This study aims to develop learning media based on the TikTok application on the basic knowledge of geography. The method used in this study is a type of development research with the ADDIE model as an approach in preparing the learning media. The results of this study can be concluded that the development of learning media based on the TikTok application has passed a validity test by material experts who got a score percentage of 89.9%, the next validator is a product expert validator who got a score percentage of 87.5% and the last by a learning expert validator who gets a percentage of 95% so that it can be used in the learning process in the classroom related to the basic knowledge of geography.


Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tiktok pada materi pengetahuan dasar geografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE sebagai pendekatan dalam menyusun media pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok telah melewati uji coba validitas oleh ahli materi yang mendapatkan persentase nilai sebesar 89,9%, validator selanjutnya adalah validator ahli produk yang mendapatkan persentase nilai sebesar 87,5% dan yang terakhir oleh validator ahli pembelajaran yang mendapatkan persentase sebesar 95% sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas terkait dengan materi pengetahuan dasar geografi.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Suryanti, I.N.A.S. Putra, & F. Nurrahman. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 147–156. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.651
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3).
Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431, 431–440.
Bouato, Y., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe yang Diintegrasikan dengan Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 1(2), 71–79. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i2.7131
Chotijah Fanaqi. (2021). Tiktok sebagai Media Kreativitas di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dakwah, 22(1), 105–130.
Dewanta, A. (2020). 3491-4328-1-Pb. 9(2), 79–85.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Magfirah Rasyid, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 7, Nomor 2, Februari 2016, Hlm, 69-80, V, 83–88.
Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.11
Otoluwa, Y., Eraku, S., & Yusuf, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire yang Diintegrasikan dengan Camtasia Studio pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 01–08. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4041
Pranoto, I., & Agraini, E. (2021). Desember 2021 (13)2:1 67-174 FKIP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 2021(13), 11–11. http://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS
Suprihatin, G. (2022). Penggunaan Media Tiktok dalam Meningkatan Hasil Belajar IPA di MTSN 4 Gunungkidul. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 107–115. https://doi.org/10.51878/learning.v2i1.1007
Taubah, M. (2020). Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam. Muallim Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 57–66. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2201
Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya Perkembangan Pendidikan di Era Modern. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, Juni, 1–6.
Published
2022-08-19
How to Cite
HULINGGI, Mawardi; MOHAMAD, Nurdin. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 913-920, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/899>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.899.