FENOMENA STRUKTUR DAN LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI GORONTALO

  • Fitri Hadi Yulia Akib UNG
  • Mahludin H. Baruwadi UNG

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengkaji perkembangan sector-sektor ekonomi penyusun PDRB kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo; 2) menganalisis struktur dan laju pertumbuhan sector-sektor ekonomi di kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo; dan 3) mengkaji fenomena teori perubahan structural pada ekonomi wilayah kabupaten dan kota Provinsi Gorontalo.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan data sekunder dalam bentuk time series. Survei dilakukan pada pemerintah dan kabupaten kota di Provinsi Gorontalo dengan sampling ada Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pohuwato dan Kota Gorontalo. Metode analisis data menggunakan analisis ekonomi wilayah.


Hasil penelitian menunjukkan: (1) Secara kumulatif sector-sektor ekonomi penyusun kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo mengalami perkembangan dari tahun  ke tahun, hal ini sebagai indikasi perekonomian di wilayah ini mengalami pertumbuhan.; (2) Berdasarkan struktur dan laju pertumbuhan ekonomi sector pertanian, kehutanan dan perikanan memberikan kontribusi yang dominan di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato, sedangkan di Kota Gorontalo sector ini bukan merupakan sector yang dominan. (3) Fenomena teori perubahan structural dalam pembangunan ekonomi terjadi  pada kabupaten dan kota Provinsi Gorontalo, dimana sektor primer kontribusinya semakin menurun dengan majunya pembangunan di wilayah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akib, Fitri. 2008. Pengaruh Belanja Daerah Terhadap Ekonomi Provinsi Gorontalo. Tesis. Universitas Sam Ratulangi. Manado
Azis, Iwan Jaya. 1994. Ilmu Ekonomi Rwegional dan Beberapa Aplikasinya di Indonesia. LP FE Universitas Indoensia. Jakarta
Baruwadi, Mahludin. 2005. Peran Subsektor Perkebunan Kelapa pada Ekonomi Regional dan Ekonomi Rumah Tangga Petani Provinsi Gorontalo. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung.
------------, Sukarman Kamuli, Supriyo Imran dan Fitri Hadi Yulia Akib. 2013. Kaji Ulang Program Agropolitan Provinsi Gorontalo. Hibah Penelitian Kompetensi Dikti. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Gorontalo
Canon, Syarwani. 2012. Matrix Index Variaty of of Labor and It’s Aplication in Indonesia. Journal of Indonesian Economy and Bussiness. FEB-UGM
Djojohadikusumo Sumitro, 1994. Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. LP3ES. Jakarta
Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah (EKPD) Provinsi Gorontalo 2013. Kerjasama Bappenas dan Universitas Negeri Gorontalo
Glason, John. 1990. Pengantar Perencanaan Regional. Diterjemahkan oleh Paul Sitohang. Jogyakarta. FE UI
Isard, Walter. 1995. Introduction to Regional Science. New Jersey. Prentice-Hall, Inc. Englewood
Jhingan, M.L. 1999. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Mudrajad Kuncoro. 2000. Ekonomi Pembangunan, Teori, Masalah, dan Kebijakan.Yogyakarta. UPP AMP YPKN.
Nafziger, Wayne. 1998. The Economic of Developing Countries. Prentice Hall
Senen. 1996. Peranan Industri Crumb Rubber Dalam Perekonomian Wilayah (Suatu Kasus di Provinsi Jambi). Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung.
Published
2018-11-04
How to Cite
AKIB, Fitri Hadi Yulia; BARUWADI, Mahludin H.. FENOMENA STRUKTUR DAN LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI GORONTALO. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 653-678, nov. 2018. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/91>. Date accessed: 20 june 2021.