Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

  • Saphira Aulia Ramadhani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Diki Rukmana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

The use of the lecture method causes students to be less interested in learning so that student learning outcomes are low. This study aims to find out the effect of applying the Picture and Picture Learning Model assisted by Quizizz on the acquisition of science learning outcomes for fourth grade elementary school students on animal life cycle material. This study applies a quantitative experimental method using a Pretest-Posttest Control Group research design with 20 multiple choice questions as research instruments. Data analysis techniques used descriptive statistics, normality test with Liliefors test, homogeneity test with Fisher's test, hypothesis testing with t-test, and test effect size. The results of hypothesis testing show that tcount > ttable (4.5233 > 2.0452), then H1 is accepted. It can be concluded that there is an influence from the use of the Picture and Picture Learning Model assisted by Quizizz on the science learning outcomes of fourth grade elementary school students.


Penggunaan metode ceramah menyebabkan siswa kurang tertarik pada saat berlangsungnya pembelajaran sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture berbantuan Quizizz terhadap perolehan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD pada materi siklus hidup hewan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif eksperimen menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group dengan 20 butir soal pilihan ganda sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas dengan uji liliefors, uji homogenitas dengan uji fisher, uji hipotesis dengan uji-t, dan uji effect size. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,5233 > 2,0452), maka H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran picture and picture berbantuan Quizizz pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1376
Habibi, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3399–3412.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Marlina, L. (2020). Kajian Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(2), 56–61. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i2.14
Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1412
Melyza, A., & Agus, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16.
Muchtianingsih, W. D., & Kresnadi, H. (2021). Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar di Kelas 3 Mis Bawari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(6), 1–7.
Praseptia, D., & Zulherman. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3018–3025.
Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441
Purwani, N. P. R., Darsana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 165. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15955
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Siagian, G. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645
Widyawati, W. Y. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 226–241. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3027
Published
2022-08-19
How to Cite
RAMADHANI, Saphira Aulia; RUKMANA, Diki. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 937-944, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/937>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.937.