Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar

  • Afifatul Aliyah Aliyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Sigid Edy Purwanto Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

The purpose of this study was to find out whether the use of Powtoon learning media affects the outcome of mathematics learning in elementary school multiplication materials. This study used a quantitative experiment method with a pre-test-post-test non-equivalent control design. The sample for this study was 40 students divided into Class II-A as an experimental class with 20 students and Class II-B as a control class with 20 students. In processing the data, researcher tested the analytical requirements, which consisted of a normality test using the Liliefors test with normal distribution results, and a homogeneity test for pre-test and post-test data using the Fishers test with homogeneous data results. The result of the hypothesis test using the t-test is tcount> ttable (30,098> 2,0930). From the result, it can be concluded that there is an effect of Powtoon learning media on mathematics learning outcomes in elementary school multiplication materials.


Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah menganalisis apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembalajaran Powtoon pada hasil belajar matematika khususnya untuk materi perkalian sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif menggunakan desain Pretest-Posttest nonequivalent control grup. Kemudian, sampel yang digunakan ada 40 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen yakni kelas II-A sejumlah 20 anak dan kelas kontrol (kelas II-B) sejumlah 20 anak. Data diolah dengan melakukan uji persyaratan analisis, yakni uji normalitas dengan uji liliefors dengan hasil berdistribusi normal dan uji homogenitas data pretest dan post tes menggunakan uji fisher dengan hasil data homogen. Hasil pengujian untuk hipotesis dengan menerapkan uji-t dengan hasil thitung > ttabel (30,098 > 2,0930). Mengacu pada hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa ditemukan pengaruh media pembelajar powtoon pada hasil belajar matematika untuk materi perkalian siswa sekolah dasar.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622
Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Elmawati Priskilah, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima. 1(2), 10–19.
Fajar, M., Hanif, M., & Fitriasari, N. S. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif Powtoon Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN 02 Muara Ciujung Timur. Didaktika, 1(1), 190–199.
Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 4, 526–532.
Fatmawati, N. L. (2021). Pengembangan Video Animasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar di Masa Pandemi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 65–77. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4834
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Kurino, Y. D. (2018). Problem Solving dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 56–65.
Nurhayati, A. N. F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Komik Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 10 Kota Jambi. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah,107–121. http://istoria.unbari.ac.id/index.php/OJSISTORIA/article/view/44
Pertiwi, N. D., & Sudrajat, A. (2022). Volume : 8 Bulan : Februari Tahun : 2022 Volume : 8 Nomor : 1 Bulan : Februari Tahun : 2022. Jurnal Ideas, 8(1), 191–196. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i2.698
Qurrotaini, L., Sari, T. W., & Sundi, V. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, E-ISSN: 27, 7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7869/4682
Ridha, Y. A., Bambang, S. A., & Siska, A. (2020). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85–96. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.29
Septiani, D. R., & Purwanto, S. E. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 141. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7526
Sodiq, A. N., & Trisniawati, T. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament pada Siswa SD Negeri Tukangan Yogyakarta. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(1), 68. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i1.7738
Sri, Y. N., & Suci, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Matematics Education and Science, 2(2), 88–94. https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?Journal=JFKIP&page=article&op=viewfile&path[]=3083&path[]=2664
Dewi, Saputri. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. 166.
Rahman, Alrafiful. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Peluang Tingkat SMA Sederajat Disusun untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan dalam.
Thesarah, R. H., Subagiyo, L., & Qadar, R. (2021). Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis audio-visual dengan aplikasi powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi impuls dan momentum di SMK Negeri 6 Samarinda. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(1), 31. https://doi.org/10.52434/jkpi.v1i1.1050
Wiryani, P. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Canva pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Edufortech, 6(1).
Published
2022-08-19
How to Cite
ALIYAH, Afifatul Aliyah; PURWANTO, Sigid Edy. Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 921-928, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/946>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.946.