Membangun Komunikasi Efektif Antara Front Office Departement dengan Housekeeping Departement (Studi Kasus di Hotel Eljie Syariah Gorontalo)

  • Asminar Mokodongan Universitas Negeri Gorontalo
  • Lisna Bantulu Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana komunikasi yang efektif antara front office Departemen dan Housekeeping Departemen di Hotel Eljie syariah Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan data yang diperoleh dengan kata-kata, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil yang didapat bahwa belum adanya komunikasi yang efektif antara front office departemen dan housekeeping departemen sehingga menyebabkan  terhambatnya kelancaran operasional hotel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bartono dan Ruffino. 2007. Hotel Communication Management. Penerbit Andy. Yogyakarta.
Darsono, Agustinus. 2011. HousekeepingHotel. Penerbit PT Gramedia Widiasarana. Jakarta.
Fadhli, Aulia. 2017. Pengantar Housekeeping Perhotelan. Penerbit Gava Media. Yogyakarta.
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Remaja Rosdakarya. Jakarta.
Komar, Richard. 2014. HotelManagement. Penerbit PT Gramedia Widiasarana. Indonesia. Jakarta.
Utama, I Gusti Bagus da Ni Made Mahadewi . 2012. Metode Penelitian dan Perhotelan. Penerbit Andy. Yogyakarta.
Wardiyanto. 2010. Metode Penelitian Pariwisata. Penerbit Andy. Yogyakarta.

Internet :
Hasibuan, Syafithry. 2015. Hubungan Komunikasi Dan Kerjasama Kantor Depan Dengan Tata Graha Dalam Pelayanan Tamu Selama Menginap Di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Di Akses Tanggal 2 Januari 2019. 11.45 AM Melalui https://m-id.123dok.com/document/lzgxx9vq
Nurhidayah, Bekti. 2017.Jenis-jenis Hotel. Diakses Tanggal 2 Januari 2019. 12.30 AM. Melalui http://jenishotel.info/perkembangan-bisnis-perhotelan-dan-pariwisata- di-indonesia
Susanti. 2015. Komunikasi Antara Staff Front Office Untuk Kelancaran Operasional di Corcode Hotel Kuala Lumpur. Diakses melalui http://artusiant.blog.spot.co.id
Utami, Airin. 2016. Dampak Kualitas Komunikasi Antara Departemen Front Office Dengan Housekeeping Terhadap Tingkat Kelancaran Operasional Kerja di
Hotel JW Marriott Surabaya. Di Akses Tanggal 28 Juni 2019. 03.08 AM. Melalui http://www.poltekindonusa.ac.id
Widyatama. 2012. Penelitian Hotel Semeru. Diakses Tanggal 2 Januari 2019. 12.30 am. Diakses melalui http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/12345689/395
Published
2020-06-03
How to Cite
MOKODONGAN, Asminar; BANTULU, Lisna. Membangun Komunikasi Efektif Antara Front Office Departement dengan Housekeeping Departement (Studi Kasus di Hotel Eljie Syariah Gorontalo). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 191-202, june 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/241>. Date accessed: 15 july 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i2.241.