Strategi Marketing melalui Online Travel Agent dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Training Center Damhil Universitas Negeri Gorontalo

  • Poppy Arnold Kadir Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi marketing melalui kerja sama dengan online travel agent dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di Training Center Damhil Universitas Negeri Gorontalo. memiliki dampak yang cukup baik terhadap jumlah tingkat hunian tamu di Training Center Damhil. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) mengidentifikasi masalah yang terdapat pada strategi marketing melalui OTA di TC Damhil, (2) mengklarifikasi, (3) menganalisis, (4) mendeskripsikan, dan (5) menyimpulkan berbagai data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama dengan online travel agent memiliki dampak yang cukup baik terhadap jumlah tingkat hunian tamu di Training Center Damhil. Tamu dapat secara langsung memberikan pendapat mengenai tempat menginap selama mereka tinggal. Hasil dari persepsi wisatawan yang akan diperoleh dari indikator-indikator yang ada di dalam TripAdvisor seperti nama dan alamat hotel, foto, lokasi, fasilitas, tanya jawab, tipe kamar, dan tampilan harga yang kemudian akan mempengaruhi keputusan wisatawan dalam memilih tempat menginap atau hotel. Ketika harapan atau ekspektasi wisatawan sesuai dan bahkan lebih dari yang diharapkan, maka tamu akan menuliskan atau membuat ulasan baru tentang pengalaman mereka selama menginap di dalam trip-advisor yang nantinya akan memberikan sitmulus bagi tamu berikutnya yang akan datang. Dengan strategi marketing yang dilakukan oleh manajemen Training Center Damhil dapat terlihat jumlah tamu yang menginap pada bulan-bulan yang biasanya sepi tidak ada tamu, mulai terisi dengan tamu yang melakukan reservasi melalui online travel agent.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari Alma, 2007, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Bandung CV. Alfabeta
Budi, Agung. 2013. Manajemen Marketing Perhotelan, CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Kotler, Philip. 2008, Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta : Indeks., New Jersey
Kotler, Philip. 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12, Indesks., New Jersey
Simatupang, Violetta, 2009, Pengaturan Hukum Kepariwisataan Indonesia, PT. Alumni, Bandung.
Sugiono, 2007, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung.
Sulistioyono, Agus, 2006, Managemen Penyelenggaraan Hotel, Alfabeta, Bandung.
Sutopo (2006). Metodelogi Penelitian Kualitatif ; Dasar teori dan Terapanya dalam Penelitian Surakarta : universitas Sebelas Maret
Undang-undang No 9 tahun 2009 tentang kepariwisataan.
SK Menhub RI No.PM 10/PW.391/PHB-77 tentang hotel
Kartajaya, Hermawan. 2007. Elemen Marketing on Marketing Mix. Penerbit: Mizan Pustaka, PT. Bandung.
Nugroho, Setiadi J, 2003. Manajemen Pemasaran.Graha Ilmu;Yogyakarta
Reid, Robert D, Bojanic, dan David C. 2010. Hospitality Marketing Management. Fifth edition. New jersey: John wiley and Sons, Inc.
Internet
https://binus.ac.id/malang/2017/10/online-travel-agent-sebagai-faktor-pendukung-dan-penghambat-strategi-komunikasi-pemasaran-public-relations-hotel/
https://blog.citos.id/pengertian-tentang-online-travel-agent-ota-dan-jenis-travel-agen/
https://www.skyscanner.co.id/berita/11-online-travel-agent-mitra-skyscanner-indonesia
Published
2020-06-03
How to Cite
KADIR, Poppy Arnold. Strategi Marketing melalui Online Travel Agent dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Training Center Damhil Universitas Negeri Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 147-160, june 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/276>. Date accessed: 16 july 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i2.276.