Dampak Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa

  • Lisa Nursita Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Kewirausahaan merupakan soft skills yang perlu dimiliki oleh mahasiswa untuk menjadi lulusan yang multitalent dan memiliki kemampuan yang meningkatkan daya kerja, dan mampu menangkap peluang di era persaingan kerja yang ketat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan instrumen Skala Likert. Hasil penelitian menemukan bahwa proses belajar-mengajar pada mata kuliah kewirausahaan memberi dampak pada pemahaman mahasiswa tentang kewirausahaan yang baik. Pengetahuan kewirausahaan mahasiswa berpengaruh secara nyata dan positif terhadap minat kewirausahaan mahasiswa. Agar generasi muda saat ini berminat untuk menjadi pengusaha dan tidak bergantung pada permintaan tenaga kerja (demand for labor) yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan, maka harus dibekali dengan soft skills manajemen kewirausahaan yang cukup.


Entrepreneurship is a soft skills that required for student to become multitalented graduates and have abilities which will increase their employability, and ability to recognize the opportunity in an era intense work competition. This study try to determine the effect of entrepreneurship education on student’s interest in entrepreneurship. The analytical method used is simple linear regression with a Likert Scale instrument. The result show that the teaching-learning process in entrepreneurship education had an impact on students understanding of good entrepreneurship. Entrepreneurship education has a significant and positive effect on student entrepreneurship interest. knowledge has a significant. So, to make young people are interested in becoming entrepreneurs and do not depend on the demand for labor was made by companies, they must be given an understanding of entrepreneurial management soft skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, N., Supriyani, Y., & Hawaliyah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Komputer Interaktif dan Metode Demonstrasi. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(1), 11–20. https://doi.org/10.32884/ideas.v
Alharbi, J., Almahdi, H., & Mosbah, A. (2018). The Impact of Entrepreneurship Education Programmes (EEPs) on the Entrepreneurial Attitudes among Higher Education Students in Saudi Arabia. International Journal of Management, Economics and Social Sciences, 7(3), 245–271. https://doi.org/10.32327/ijmess.7.3.2018.16
Basrowi. (2014). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Dhamayantie, E., & Fauzan, R. (2017). Penguatan Karakteristik dan Kompetensi Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kinerja UMKM. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(1), 80–91. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2017.v11.i01.p07
Dipta, W. I. (2012). Memperkuat UKM Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Tahun 2015. Infokop, 21, 1–12.
Hanum, A. N. (2015). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha. Value Added: Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1). Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/vadded/article/view/1664
Kasmir. (2018). Kewirausahaan (Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kompas.com. (2020). Imbas Corona 14.393 Pekerja di Sulsel Dirumahkan dan 447 di PHK. Retrieved from https://regional.kompas.com/read/2020/05/13/14312471/imbas-corona-14393-pekerja-di-sulsel-dirumahkan-dan-447-phk
Sarifuddin, A. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Alumni Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar). Jurnal Sosialisasi, 3(3), 27–30. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jeco.v1i1.1515
Setiawan, M. (2020). Sektor Informal dan Fleksibilitas Pasar Tenaga Kerja di Indonesia. In A. M. Pratiwi (Ed.), Ekonomi Informal di Indonesia Tinjauan Kritis Kebijakan Ketenagakerjaan (p. 221). Retrieved from https://www.turc.or.id/wp-content/uploads/2020/07/LO_Ekonomi-Informal_HiRes-1_compressed.pdf
Setyowati, N. W., & Puspitasari, V. A. (2011). Peran Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Kualitas SDM pada Sektor KUKM (Studi pada Universitas Mulia, Jakarta). Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 1–6. Retrieved from http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/89
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, Y. (2010). Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM dalam Menghadapi Implementasi CAFTA dan MEA. Buletin Ekonomi, 8(2), 70–170.
Wibowo, M. (2011). Pembelajaran Kewirausahaan dan Minat Wirausaha Lulusan SMK. Eksplanasi, 6(2), 109–122. Retrieved from https://journal.kopertis6.or.id/index.php/eks/article/view/83
Published
2021-08-20
How to Cite
NURSITA, Lisa. Dampak Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 83-88, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/401>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.401.