Komparasi Penggunaan Aplikasi Prezi vs Microsoft Power Point sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar

  • Lisa Nursita Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Resky Nur Alifa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Akmal Akmal Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Tujuan penelitian membandingkan media ajar prezi vs microsoft power point terhadap hasil belajar. Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan mengelompokkan sampel menjadi dua kelompok diikuti treatment pembelajaran dengan aplikasi berbeda. Hasil penelitian menunjukkan kelompok eksperimen treatment pembelajaran melalui prezi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada sampel pembelajaran microsoft  power point. Sampel lebih memahami materi jika media ajar menggunakan prezi dibandingkan microsoft power point. Pemilihan media ajar yang tepat dan inovatif mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pendidik seharusnya tidak hanya meningkatkan pengetahuan pada bidang keahliannya, tetapi juga meningkatkan skill dalam penguasaan teknologi agar mampu menggunakan media ajar yang variatif dan inovatif.


 


The purpose of the study was to compare Prezi vs Microsoft Power Point teaching media on learning outcomes. The research method is an experimental method by grouping samples into two groups followed by learning treatments with different applications. The results showed that the experimental group learning treatment through Prezi had higher learning outcomes than the Microsoft Power Point learning sample. The sample understands the material better if the media uses Prezi than Microsoft Power Point. Selection of appropriate and innovative teaching media can improve student learning outcomes. Educators should not only increase knowledge in their field of expertise, but also improve skills in mastering technology in order to be able to use varied and innovative media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi pada Matakuliah Analisis Vektor. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 209–222. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp209-222
Elnakib, S. (2018). Use of Prezi Sofware to Support and Expand Extension Outreach and Education. Journal of Extension, 56(1).
Epinur, Syahri, W., & Adriyani. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia pada Materi Elektrokimia untuk Kelas XII SMA N 8 Kota Jambi dengan Menggunakan Software Prezi. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, 6(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jisic.v6i1.1935
Julhadi. (2021). Hasil Belajar Peserta Didik (Ditinjau dari Media Komputer dan Motivasi). Edu Publisher.
Kadaruddin. (2014). Mahir Desain Slide Presentasi Dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Power Point. Deepublish.
Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205–221. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466
Nursita, L. (2021). Dampak Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 83. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.401
Rahman, A. H., R., A. S., & J., A. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Arab Santri Melalui Pembuatan Rancangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Pondok Pesantren Nurul Azhar Talaweh Sidrap. IAIN Pare-Pare.
Rahmat, Y. (2018). Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Peserta Didik. Yudha English Gallery.
Rais, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Berbasis Prezi Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Mengingat Konsep. Jurnal Mekom, 2(1), 10–24. https://doi.org/10.31227/osf.io/4dh5t
Rodhi, M. Y., & Wasis. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2), 137–142. file:///C:/Users/LisaSul/Downloads/8083-Article Text-10895-1-10-20140524.pdf
Smaldino, S. E., Russell, J. D., Heinich, R., & Molenda, M. (2005). Instructional Technology and Media for Learning 8th edition. Pearson Education, Inc.
Spernjak, A. (2014). Is Prezi More Usefullness Education Tool Than PowerPoint? ICEMST.
Sukmowati, D., Winarno, & Suryono, H. (2017). Perbedaan Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Prezi dan Power Point terhadap Minat Belajar Siswa (Studi Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017). Educitizen, 2(2), 67–81. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/civic/article/view/11901/8504
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prenamedia Group.
Published
2022-02-14
How to Cite
NURSITA, Lisa; ALIFA, Resky Nur; AKMAL, Akmal. Komparasi Penggunaan Aplikasi Prezi vs Microsoft Power Point sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-8, feb. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/556>. Date accessed: 06 feb. 2023.