Pengaruh Penerapan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

  • Nujha Nirwana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Elly Susanti UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Djoko Susanto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Mathematical communication is very important to be considered in learning mathematics so that students are able to achieve the objectives of learning mathematics. Students must be able to communicate their thoughts and feelings through clear and correct spoken language. This study aims to determine the application of the SAVI learning model to improve students' mathematical communication. This study uses the library research method (library research), while data collection is done by searching for information, analyzing and concluding data by examining several journals, books, articles and notes related to the SAVI learning model and mathematics learning. The results of this study are mathematical communication in mathematics learning can be done with the SAVI model as an alternative in solving the difficulties faced by students. Somatic intelligence can direct students in learning mathematics that is seen and heard through body demonstrations or kinesthetic abilities. Auditory learners are able to listen in detail on topics in mathematics learning and express what they hear. Visual learners will be more active by discussing kalam material through videos, pictures, doodling, illustrations and colors. Intellectual learners are able to cover all previous intelligences, so learners are able to ask questions, story telling and problem solving.


 


Komunikasi matematis sangatlah penting untuk diperhatikan dalam pembelajaran matematika agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran matematika. Siswa harus mampu mengomunikasikan pikiran dan perasaan lewat bahasa lisan yang jelas dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual), untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan), sedangkan pengumpulan data dengan mencari informasi, menganalisa, dan menyimpulkan data dengan menelaah beberapa jurnal, buku, artikel serta catatan terkait dengan model pembelajaran SAVI dan pembelajaran matematika. Adapun penerapan dari SAVI pada komunikasi matematis di pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan model SAVI yang merupakan alternatif dalam menyelesaikan kesulitan yang dihadapi siswa. Kecerdasan somatis dapat mengarahkan siswa dalam pembelajaran matematika yang dilihat dan didengar melalui peragaan tubuh atau kemampuan kinestis. Pembelajar auditori mampu mendengarkan secara detail topik pada pembelajaran matematika dan mengutarakan sesuatu yang didengar. Pembelajar visual akan lebih aktif dengan pembahasan materi melalui video, gambar, doodling, ilustrasi, serta warna. Pembelajar intelektual mampu meng-cover semua kecerdasan sebelumnya, maka pembelajar mampu untuk tanya jawab, strory telling, dan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1.
Astuti, A. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Formatif, 2(2).
Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Journal, 2(2). https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.35
Creswell, J. W. (2016). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). In Terjemahan Bahasa Indonesia (Issue 150).
Dananjaja James. (1997). Metode Penelitian Kepustakaan. In Antropologi Indonesia (Vol. 52, pp. 82–92).
Fatmawati, & Rusdiana, D. (2015). Study Literasi Pengaruh Penerapan Pembelajaran Model SAVI yang Menggunakan Metode Brainstorming Terhadap Konsisten Konsepsi dan Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Seminar Nasional Fisika, 4(2014), 123–128.
Haruminati, N. W. Y., Suarni, N. K., & Sudarma, I. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Mutiara Singaraja. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/6982/4758
Irfan, A. M., Asfar, T., Iqbal, A. M., & Asfar, A. (2019). Hakikat, Arti dan Krisis Pendidikan: Perspektif Proses Pendidikan. Jurnal Program Doktoral Ilmu Pendidikan UNM, 1(February).
Kencanawati, S. A. M. M., Sariyasa, S., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 13–23. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.33006
Kusumaningsih, W., Sutrisno, S., & Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Savi dan React Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 197. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.763
Kusumawati, S. W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Model Pembelajaran SAVI ditinjau dari Kemandirian Belajar Matematis. JPGSD, 1(1), 119–129.
Kusumawati, S. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( SAVI ) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. JPGSD, 8, 40–49.
Lia, S. (1998). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Di SMP Negeri 3 Kota Cilegon). 1990, 13–44.
Nana Sutarna. (2018). Pendidikan dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 119–126.
Naolaka, A. (2017). Landasan Pendidikan. 16.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Pertiwi, E. D., Khabibah, S., & Budiarto, M. T. (2020). Komunikasi Matematika dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.151
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 4 GUMIWANG. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Rahmadan, I. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMR) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Bilangan. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 4(1), 37–43. https://doi.org/10.21009/jrpms.041.06
Ramadhani, D. (2015). Strategi Whole Brain Teaching terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 2(2).
Rasyid, M. A. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rizqi, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash 8 dengan Pendekatan Savi Dalam Meningkatkan Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui bahan ajar dengan pendekatan SAVI ( Somatic , Auditory , Visualization , Intellectually ) yang telah dikembangkan mam. 5(1), 428–434.
Sugesti, I. J., Simamora, R., & Yarmayani, A. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Savi Dan Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas Viii Smpn 2 Kuala Tungkal. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 14. https://doi.org/10.33087/phi.v2i1.22
Tyas, E. N. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Subtema Tugasku Sehari-hari di Rumah (Eka Ning Tyas). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), 68–82.
Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153. http://hikmahuniversity.ac.id/lppm/jurnal/2016/text07.pdf
Utama, W. A., Suniasih, N. W., Kt, D. B., & Semara, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbasis Open Ended terhadap hasil belajar matematika Pada Siswa Kelas VSD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.
Yuniarti, Y. (2016). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2). https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575
Published
2021-11-16
How to Cite
NIRWANA, Nujha; SUSANTI, Elly; SUSANTO, Djoko. Pengaruh Penerapan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 251-258, nov. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/451>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.451.