Model Pembelajaran Bahasa Inggris di Dhamma Sekha Saddhapala Jaya Temanggung

  • Dwi Maryani Rispatiningsih STABN Raden Wijaya Wonogiri

Abstract

The objectives of this study are to find out teaching learning process, to find out kind of methods and to find out the obstacles. This research is deskriptive qualitative research. The subjects were 78 students. Observation, interviews, and documentation used in data colection. Analysis techniques were using reduction, presentation, and drawing conclusion. Result show that teachers used many kind of methods, they are : lecturing, question and answer method, drill, translation, grammatical translation and classical method. There are obstacles found, background of teacher’s education are not English Education, the limitation of reading resources, lack of students’ discipline, and students pasive.


 


Penelitian memiliki tujuan antara lain untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran, untuk mengetahui metode yang digunakan guru, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan Diskriptif Kualiatif. Subjek penelitian 78 siswa. Observasi, wawancara dan dokumentasi yang digunakan dalam pengumpulan data. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan guru menggunakan beberapa metode pembelajaran antara lain: ceramah, tanya jawab, drill, terjemah, gramatikal terjemah dan klasikal. Kendala yang dihadapi diantanya adalah background pendidikan guru bukan dari Pendidikan Bahasa Inggris, terbatasnya sumber bacaan bagi guru, kedisplinan siswa yang masih kurang, dan siswa pasif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

English for Spesific Purposes pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 6(4), 309. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i4.308
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574
Mu’minah, M. (2019). penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournamen (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata pelajaran Alquran Hadist Kelas V MIN 2 Pringsewu. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
Musyarofah. (2017). PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ABA IV MANGLI JEMBER TAHUN 2016. Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99–122.
Noge, M. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis E-Flashcard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Smp. Journal of Education Technology, 2(1), 13. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13801
Nuraeni, N. (2018). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Nata Karya (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Published
2022-06-10
How to Cite
RISPATININGSIH, Dwi Maryani. Model Pembelajaran Bahasa Inggris di Dhamma Sekha Saddhapala Jaya Temanggung. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 689-696, june 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/480>. Date accessed: 06 july 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i2.480.