Analisis Manajemen Pada Pembelajaran Praktikum di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Matakuliah Fotografi)
Abstract
Pada kondisi pandemi, banyak situasi dan perencanaan yang harus diadaptasi dengan beragam ketentuan dan regulasi, begitu pula dalam bidang penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Hal ini tentu menjadi salah satu kendala yang dihadapi dalam pembelajaran terutama dalam matakuliah yang bersifat praktikum. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis pada efektivitas pembelajaran praktikum matakuliah Fotografi melalui komparasi hasil karya mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan karya foto yang dibuat kebanyakan tidak menggunakan teknik fotografi yang benar, komposisi yang tepat dan masih kurangnya pemahaman dalam mengatur pencahayaan (exposure), sehingga foto terlalu terang (over exposure) atau sebaliknya terlalu gelap (under exposure).
In pandemic conditions, many situations and plans must be adapted to various provisions and regulations, as well as in the field of education and learning. This is certainly one of the obstacles faced in learning, especially in practical subjects. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of practicum learning in the Photography course through a comparison of student work. The research method used is descriptive qualitative. The results of the research show that most of the photos that are made do not use the right photography techniques, the right composition and there is still a lack of understanding in adjusting the exposure, so that the photo is too bright (over exposure) or otherwise too dark (under exposure).
Downloads
References
Menggunakan Kamera Digital Secara Manual. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, (pp. 87-93). Badan Penerbit UNM.
Dharsito, W. (2013). 50+ Trik dan IDE Foto. Elex Media Komputindo.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Jubaedah, Dedah, and Subur Subur. "Manajemen Strategi Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat di Wadas Kelir." Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya 8.1 (2022): 17-26.
Karami, Ahmad Fahmi. "Penggunaan Video Tutorial dalam Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Praktikum Database." Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya 8.1 (2022): 319-324.
Kusumo, A. A. N., Rosiana, D., & Hamdan, S. R. (2022). Metode Belajar yang dapat Meningkatkan Flow Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(1), 67-76.
Murtiyasa, Budi. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Teladan Vol.4 No.1, 25-36.
Nurhayati, M., & Hujjatusnaini, N. (2021). Analisis Manajemen Pembelajaran Online Berbasis Media Sosial WhatsApp untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(1), 22-33.
Pramudita, R. R. (2015). Pengembangan Modul Tentang Analisis Jenis-Jenis Kamera Dan Alat Bantu Fotografi Pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Kelas Xi
Multimedia Di Smk Negeri 10 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2).
Putrianda, R., & Wiana, W. (2014). Analisis Kualitas Tugas Fashion Photography Pada Mata Kuliah Publikasi Mode. Fesyen Perspektif, 6(1).
R. Amien Nugroho. (2006). Kamus Fotografi. Yogyakarta: ANDI .
Setyosari, P. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan
Sudarma, I Komang. (2014). Fotografi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Souders, Rick. (2002). The Art and Attitudeof Commercial Photography. New York: Watson-Guptill Publications.
Soejono, Soeprapto. (2006). Pot-Pourri Fotografi. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.
Winataputra, Udin S. (2007). Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. Wijaya, C., & Rifa'i, M. (2016). Dasar-dasar manajemen: mengoptimalkan pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien.
Zahar, Iwan. (2003). Catatan Fotografer Kiat Jitu Menembus New York. Jakarta: Creative Media.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.