Pengembangan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle pada Materi Perubahan Energi

  • Agnia Nur Fikriyah Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Wati Sukmawati

Abstract

This research is a research about Learning Management System (LMS) development. In this case, the media being developed is Moodle-based media that contains materials about energy transformation. This research is conducted to develop Moodle-based learning media, namely the one which contains material about energy transformation. This media  is developed in research and development process, and implemented with ADDIE model. It can be done through 5 steps, such as Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The result will be Moodle-based energy transformation material for grade IV students. The result can be obtained through verification by both the media expert and material expert, also by testing the media to the students. Then, we can analyze all data obtained by implementing Likert scale with quantitative approach. After testing and verification process are all done, we can know that: (1) media expert: validity score 78,67%, (2) material expert: validity score 87,5% and (3) student testing score 86,61%. From the research's result we can infer that Moodle-based Learning Management System (LMS) containing energy transformation material is very suitable for elementary school students. It also can be used as supplementary media during natural science class.



Penelitian ini merupakan penelitian mengenai pengembangan media pembelajaran Learning Management System (LMS) yang berbasis moodle. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media belajar berbasis moodle pada materi perubahan energi. Media pembelajaran ini dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan atau Research and Development dan diterapkan menggunakan model ADDIE dengan 5 langkah yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil produk akhir dari pengembangan ini yaitu media pembelajaran berbasis moodle materi perubahan energi untuk kelas IV. Hasil data penelitian diperoleh melalui proses validasi ahli media, ahli materi serta uji coba peserta didik. Data hasil penelitian di analisis dengan skala likert menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penilaian hasil validasi dan uji coba siswa dengan perolehan sebagai berikut: (1) ahli media 78,67%, (2) ahli materi 87,5% dan (3) uji coba siswa 86,61%. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Learning Management System (LMS) berbasis moodle pada materi perubahan energi memenuhi kriteria sangat layak digunakan siswa sekolah dasar serta dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran IPA.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, T. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa The Effectiveness of the Use of Flipbook Science Media Based on Contextual to Improve Critical Thinking Ability of Students. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 10–21.
Arofah, R., & Cahyadi, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Dewi, M. P., & Firman, F. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 170–176. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.41
Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Imam, S. (2019). Materi Digital Berbasis Web Mobile Menggunakan Model 4D 321. Jurnal Sistem Informasi, 8(September), 321–328.
Inggriyani, F., Fazriyah, N., & Purbasari, A. (2019). Penggunaan E-learning Berbasis Moodle bagi KKG Sekolah Dasar di Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Jurnal SOLMA, 8(2), 268. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3695
Kurniasih, D. (2018). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 7. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2539
Maryana, S., & Sukmawati, W. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 205. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.428
Maskar, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Ma Darur Ridho Al-Irsyad Al Islamiyah Pada Pembelajaran Daring Melalui Moodle. Journal Sosial Science and Teknology for Community Service.
Meisya, Sarifah, I., & Jakarta, U. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Materi Pecahan Senilai Kelas Iv Sekolah Dasar. 3(2), 1–15.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Nopriyanti, W., Mailani, I., & Zulhaini. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 001 Pasar Baru Pangean. Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–10.
Nugroho, F., & Iqbal Arrosyad, M. (2020). Moodle Multimedia Development in Web-based Integrative Thematic Learning for Class IV Elementary Students. Cendekiawan, 2(1), 49–63. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177
Purmadi, A., & Sa’di, K. (2021). Pengembangan Kelas Virtual Berbasis Moodle untuk Memfasilitasi Efektivitas Pembelajaran Siswa Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p011
Rahayu, D. P., Lieung, K. W., & Purwanty, R. (2021). Efektivitas Whatsapp pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6073–6078. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1847
Sukmawati, W. (2018). Pembelajaran Kontekstual dengan Saintifik Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi dan Sikap Sains Siswa. Bioeduscience, 1(1), 31. https://doi.org/10.29405/bioeduscience/31-37111085
Sukmawati, W., Kadaroman, A., Suwarna, O., & Sopandi, W. (2020). Development of Teaching Materials Based on Conceptual Change Text on Redox Materials for Basic Chemicals on Redox Concept. Edusains, 12(2), 243–251. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/15090/pdf
Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.
Syahnina, N. (2021). Ilustrasi Pada Merchandise sebagai Media untuk Membangun Cultural Awareness Anak Sekolah dasar di Kabupaten Sidoarjo. 18(1), 127–141.
Wahyuaji, N. R., & Taram, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning Menggunakan Learning Management System (LMS) Moodle pada Materi Program Linear untuk Siswa SMA Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, November 2018, 189–194. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/407
Published
2022-08-11
How to Cite
FIKRIYAH, Agnia Nur; SUKMAWATI, Wati. Pengembangan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle pada Materi Perubahan Energi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 799-804, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/869>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.869.