Analisis Pemahaman Literasi Sains Berdasarkan Gender dengan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice

  • Indah Nur Ramadhani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Wati Sukmawati

Abstract

The most important life skill for a student is scientific literacy ability. Scientific literacy skills are not only about reading and understanding science skills, but also being able to apply the concepts of scientific literacy knowledge in real life. This study aims to obtain information related to students understanding of scientific literacy based on gender. The method used in this research is descriptive method with quantitative approach. The data collection technique in this study used a three-tier multiple choice diagnostic test. The sample selected in this study were fifth grade students at SDNJatirasa III.. The results of this study indicate that there is no significant difference between the understanding of male students and female students. The results of the three-tier multiple-choice diagnostic test can also provide information on understanding related to scientific literacy.


Kecakapan hidup yang paling penting bagi seorang siswa adalah kemampuan literasi sains. Kemampuan literasi sains tidak hanya tentang kecakapan dalam membaca dan sekadar mengerti sains, namun juga kemampuan yang mampu menerapkan konsep pengetahuan literasi sains dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait pemahaman literasi sains siswa berdasarkan gender. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice. Sampel yang dipilih pada penelitian ini yaitu siswa kelas V di SDN Jatirasa III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan berdasarkan pemahaman siswa laki-laki dan siswa perempuan, dengan jumlah nilai rata-rata siswa laki-laki 78.73 dan siswa perempuan 79.24. Hasil tes diagnostik three-tier multiple choice juga mampu memberikan informasi pemahaman terkait literasi sains.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bano, V. O., Marambaawang, D. N., & Njoeroemana, Y. (2022). Analisis Kriteria Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Waingapu. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 145. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.660
Farizal Wahyudi, Lalu A. Didik, B. (2021). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Diagnostik Untuk Menganalisis Tingkat Pemahaman Dan Miskonsepsi Siswa Materi Elastisitas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(2), 2013–2015.
Fitrianawati, M. (2017). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 2(3), 316–322. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9117
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Khayati, D. N., & Raharjo. (2020). Pengembagan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains Untuk Memetakan Critical Thinking dan Practical Skills Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas IX SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(3), 433–442.
Kristanto, P. (2020). Fisika Dasar : Teori, Soal, dan Penyelesaian (R. I. Utami (Ed.); I). ANDI.
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Narut, YF., dan Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa Di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.
Rusilowati, A. (2018). Asesmen Literasi Sains: Analisis Karakteristik Instrumen dan Kemampuan Siswa Menggunakan Teori Tes Modern Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Riau Ke-3, September, 2–15. https://snf.fmipa.unri.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/0.-300B-2-15NI.pdf
Sriyanti, A., Mania, S., & A, N. H. (2019). Berbentuk Uraian Untuk Mengidentifikasi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57–69.
Published
2022-08-11
How to Cite
RAMADHANI, Indah Nur; SUKMAWATI, Wati. Analisis Pemahaman Literasi Sains Berdasarkan Gender dengan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 781-788, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/860>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.860.