Hubungan Literasi Sains dengan Keterampilan Proses Sains pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar

  • Nabila Danianty Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Prima Mutia Sari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

The aim of research was to know the correlation between science literacy and science process skill on 5th grade students in the elementary school. The research method using quantitative with correlational. The population and sample was students 5th grade consisted of 40 students. The data collection technique with test and data analytical technique used Spearman Rank. Based on the results of the research can be concluded, that there is a significant correlation between science literacy and science process skill on 5th grade students at SDN Jatisampurna III. The results Spearman rank correlation test of 0.490 with a significant value of 0.001 < 0.05.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara literasi sains dengan keterampilan proses sains pada peserta didik kelas V di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan korelasional. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas V sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data dengan tes dan teknik analisis data yang digunakan korelasi Spearman Rank. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara literasi sains dengan keterampilan proses sains pada peserta didik kelas V di SDN Jatisampurna III. Dengan hasil uji korelasi spearman rank sebesar 0,490 dengan nilai signifikan 0,001< 0,05.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Derlina, & Afriyanti, L. (2016). Efek Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Media Visual dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Cakrawala Pendidikan, 2.
Dewi, T. M., & Muhiri, M. (2020). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada Mata Kuliah Konsep Biologi. Simbiosa, 9(2), 150. https://doi.org/10.33373/sim-bio.v9i2.2602
Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958–1967. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1136
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(20), 245–252. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/21426/12225
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Handayani, G., Adisyahputra, A., & Indrayanti, R. (2018). Hubungan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Literasi Sains Pada Mahasiswa Calon Guru Biologi. Biosfer, 11(1), 22–32. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.3
Huryah, F., Sumarmin, R., & Effendi, J. (2017). Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa Sma Kelas X Sekota Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 72. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.70
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118
Jufrida, J., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Djati Prasetya, N. A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa Dan Literasi Sains Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi. EduFisika, 4(02), 31–38. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.6188
Kulsum, N. N., Surahman, E., & Ali, M. (2020). Implementasi Model Discovery Learning Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 15(2). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/biodidaktika/article/view/8722
Mardianti, F., Yulkifli, & Asrizal. (2020). Metaanalisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Saintifik. Jurnal Sains Dan Teknologi, 12(2), 91. https://doi.org/10.31958/js.v12i2.2435
Mustofa, A., Kuswanti, N., & Hidayat, S. N. (2017). Keefektifan lks berbasis model pembelajaran discovery learning. E-Journal Pensa, 05(1), 27–32. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18038
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Smp Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830
Pujiati, A. (2019). Peningkatan Literasi Sains dengan Pembelajaran STEM Di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta INFO, 0812(80), 547–554.
Riduwan, & Sunarto. (2014). Pengantar Statistik. Alfabeta.
Sumarno, W. K., Shodikin, A., & Rahmawati, A. A. (2021). Gerakan Literasi Sains melalui Pengenalan STEAM pada Anak di Komunitas “ Panggon Moco ” Gresik. 6(2).
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.
Utami, S. H. A., Marwoto, P., & Sumarni, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 380–390. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23802
Published
2022-08-23
How to Cite
DANIANTY, Nabila; SARI, Prima Mutia. Hubungan Literasi Sains dengan Keterampilan Proses Sains pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 1007-1012, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/894>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.894.