Analisis Literasi Ekonomi Berbasis Agribisnis Pada Pelaku Usaha Tani Perkotaan

  • Miranda Miranda Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Hasan Universitas Negeri Makassar
  • Citra Ayni Kamaruddin Universitas Negeri Makassar
  • Nurdiana Nurdiana Universitas Negeri Makassar
  • Ferdi Mochtar Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi mengenai literasi ekonomi berbasis agribisnis dan manganalisa upaya yang dapat dilakukan penyuluh pertanian, pemerintah dalam menumbuhkan dan mengembangkan literasi ekonomi berbasis agribisnis pada Kelompok Wanita Tani Anggrek di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Wanita Tani Anggrek belum memahami terkait dengan literasi ekonomi berbasis agribisnis secara teoritis, akan tetapi secara aplikatif mereka telah mengimpelementasikannya dalam kegiatan usaha. Hal tersebut berimplikasi kepada upaya yang dilakukan penyuluh dengan memberikan bimbingan secara learning by doing dan pemerintah lebih memfasilitasi terbentuknya kelompok kewirausahaan.


 


This study aims to explore agribusiness-based economic literacy and to analyze the efforts that agricultural extension workers and the government can undertake in growing and developing agribusiness-based economic literacy in the Orchid Women Farmer Group in Makassar City. This study uses a qualitative approach. The sampling technique used purposive sampling technique. The results showed that the Orchid Women Farmer Group did not understand theoretically related to agribusiness-based economic literacy, but practically they had implemented it in business activities. This has implications for the efforts made by extension workers by providing learning by doing guidance, and the government is more likely to facilitate the formation of entrepreneurial groups.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ackermann, N., & Siegfried, C. (2019). Does a Balanced Test form Regarding Selected-response and Constructed-response Items Overcome Gender Gap in test Scores? An Analysis of the Format-gender Relation in the Test of Economic-civic Competence. Citizenship, Social and Economics Education, 18(3), 158–176. https://doi.org/10.1177/2047173419892531
Anwarudin, O., Sumardjo, S., Satria, A., & Fatchiya, A. (2020). Peranan Penyuluh Pertanian Dalam Mendukung Keberlanjutan Agribisnis Petani Muda Di Kabupaten Majalengka. Jurnal Agribisnis Terpadu, 13(1), 17. https://doi.org/10.33512/jat.v13i1.7984
Aria, R. A., Hasanuddin, T., & Prayitno, R. T. (2016). Peranan Penyuluh Pertanian Lapangan (Ppl) Terhadap Keberhasilan Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (Puap) Di Kecamatan Sungkai Selatan,Kabupaten Lampung Utara. Journal JIIA, 4(4), 430–436. Zulfikar, Amanah, S., & Asngari, P. S. (2018).
Astuti, R. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Life Style terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Edutama, 3(2), 49–58. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/download/36/36
Budiwati, N., Hilmiatussadiah, K. G., Nuriansyah, F., & Nurhayati, D. (2020). Economic Literacy and Economic Decisions. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 85–96. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.21627
Charmaz, K. (2006). Constructing Grounded Theory: A Practical Guide Through Qualitative Analysis. London Sage Publications.
Fattah, A. N., & Purnomo, E. P. (2018). Analisis Kebijakan Alih Fungsi Lahan Pertanian Ke Non – Pertanian Di Kabupaten Klaten Tahun 2013-2016 (Studi Kasus Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten). Jispo (Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik), 8(1), 113–140.
Friyatno, S., & Saptana, S. (2017). Kinerja Agribisnis Komoditas Pertanian: Kemampuan Penciptaan Output, Nilai Tambah dan Keterkaitan Antar Sektor (Analisis Komparasi I-O Tahun 2005 dan 2010). Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 14(3), 250–263. https://doi.org/10.17358/jma.14.3.250
Happ, R., Kato, M., & Rüter, I. (2021). Results from the test of economic literacy in Germany and Japan: A critical discussion on the gender effect. Citizenship, Social and Economics Education, 20(1), 48–68. https://doi.org/10.1177/20471734211004117
Hasan, M. (2020). Literasi dan Perilaku Ekonomi: Transfer Pengetahuan Kewirausahaan dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi Informal. Bandung: Media Sains Indonesia.
Hasan, M., Arisah, N., & Rahmatullah, R. (2021). Literasi Ekonomi dan Pola Perilaku Konsumsi Masyarakat Kelas Menengah ke Bawah di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 4(2), 158–174. https://doi.org/10.35138/organum.v4i2.186
Hasan, M., Arisah, N., Nurdiana, N., Supatminingsih, T., & Nikensari, S. I. (2022). Socioeconomic Status, Individual Modernity, Economic Literacy, and Consumer Rationality of Millennial Generation. Jurnal Economia, 18(1), 51–69. https://doi.org/10.21831/economia.v18i1.38955
Hasdiansyah, A. (2021). Meretas Jalan Literasi Ekonomi Petani Pedesaan: Sebuah Tinjauan Awal Rencana Implementasi. Lifelong Education Journal, 1(2), 151–158. https://journal.imadiklus.or.id/index.php/lej/article/view/37%0Ahttps://journal.imadiklus.or.id/index.php/lej/article/view/37/19
Ikhsani, I. I. I., Tasya, F. E., Sihidi, I. T., Roziqin, A., & Romadhan, A. A. (2020). Arah Kebijakan Sektor Pertanian di Indonesia untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Publik, 5(2), 134–154. https://doi.org/10.25077/jakp.5.2.134-154.2020
Mulieng, Z. F., Amanah, S., & Asngari, P. S. (2018). Persepsi Petani terhadap Kompetensi Penyuluh Pertanian Tanaman Pangan di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 159–174.
Mohamad, Nurdin. (2018). Dampak Obyek Wisata Tasik Ria Terhadap Pelestarian Lingkungan Dari Aspek Sosial Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosial dan Budaya, 4(4), 503-510.
Listiana, I., Sadono, D., & Tjiptopranoto, P. (2018). The Relation Between Extention Workers Capacity and The Level of Farmers Satisfaction in Extention Activity. Jurnal Penyuluhan, 14(2), 244–256.
Muniarty, P., Wulandari, W., Pratiwi, A., Kusumayadi, F., & Haryanti, I. (2021). Penguatan Partisipasi Petani Melalui Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.77
Paywala, R. J., Sunaryanto., & Utomo, S. H. (2014). Literasi Ekonomi, Rasionalitas Ekonomi, dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif. Jambura Economic Education Journal, 4(1), 16–22.
Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135–143.
Solihat, N. A., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Oikos : Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 141–152.
Viantimala, B., Yanfika, H., Mutolib, A., & Listiana, I. (2014). Kinerja Penyuluh dan Partisipasi Petani Dalam Kegiatan Penyuluhan Pertanian Di Kecamatan Kota G ajah Kabupaten Lampung Tengah Performance of Farmers And Participation of Farmers In Agriculture Extension Activities In Kecamatan Kotagajah Central Lampung Di. Journal of Food System and Agribusiness, 4(1), 9–16.
Widyawati, R. F. (2017). Analisis Keterkaitan Sektor Pertanian Dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Indonesia (Analisis Input Ouput). Jurnal Economia, 13(1), 14. https://doi.org/10.21831/economia.v13i1.11923
Walstad, W. B., Rebeck, K., & Butterrs, R. B. (2013). The Test of Economic Literacy: Development and Results. The Journal of Economic Education, 44(3), 298-309. https://doi.org/10.1008/00220485.2013.795462
Published
2022-08-16
How to Cite
MIRANDA, Miranda et al. Analisis Literasi Ekonomi Berbasis Agribisnis Pada Pelaku Usaha Tani Perkotaan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 863-870, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/830>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.830.