Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Materi Sumber Energi Kelas III di SD Muhammadiyah 37 Tangerang Selatan

  • Aulia Firlia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Wati Sukmawati Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka

Abstract

This research is based on Contextualnergy source material of Student Worksheets (LKPD). This study aimed to generate a contextual-based Student Worksheet (LKPD) on energy sources. This LKPD was developed by the research and development (R&D) method and used a 4D model through four stages: 1) definition stage, 2) design stage, 3) develop stage, 4) dissemination stage. The final product of this development is LKPD based on 3rd-grade energy source materials. This study also includes the product growth and being tested on 3rd-grade students, consist of 30 respondents with data collection carried out by question sheet. The study obtained data through validation process by LKPD media experts and validation by material experts and student respondents. The research data were analyzed using a Likert scale using a quantitative approach. The data on the assessment results from validation and student respondents with the following gains: (1) LKPD media validation 95%, (2) Material Validation 83%, and (3) Student Respondents amounting to 93%. Last, the results shows that the development of energy source materials Contextual-based LKPD meets the criteria very suitable to elementary school students.


Penelitian ini meneliti tentang pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbasis kontekstual materi sumber energi. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang secara kontekstual dari pelajaran mengenai sumber energi. LKPD ini dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4D yang melalui empat tahap yaitu: 1) tahap pendefisian (define), 2) tahap perancangan (design), 3) tahap pengembangan (develop), 4) tahap penyebaran (dissiminate). Produk akhir dari pengembangan ini adalah LKPD berbasis kontekstual materi sumber energi kelas III. Penelitian ini mencakup pengembangan produk dan hasil akhirnya yang diujicobakan pada siswa kelas III dengan jumlah sebanyak 30 responden dengan pengumpulan data dilakukan dengan angket. Data dari hasil penelitian didapat dari proses validasi oleh ahli media LKPD dan validasi oleh ahli materi serta responden peserta didik. Hasil penelitian di analisis dengan skala likert menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penilaian hasil validasi dan responden peserta didik dengan perolehan yaitu: (1) validasi media LKPD 95%, (2) validasi Materi 83%, dan (3) responden peserta didik sebesar 93%. Data menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis kontekstual pada materi sumber energi memenuhi kriteria sangat layak digunakan siswa sekolah dasar dalam proses pembelajaran.



Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiana, L., & Dewi, N. R. (2021). Kajian Teori: LKPD Berbasis Kontekstual pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional …, 4, 275–281. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44941
Azam, I. F., & Rokhimawan, M. A. (2020). Analisis Materi Ipa Kelas Iv Tema Indahnya Kebersamaan Dengan Hots. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 21(1), 100. https://doi.org/10.22373/jid.v21i1.5970
Azmarita, T., & Azis, A. (2019). Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Sains XI MIPA SMAN 8 MAROS. April.
Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, & Tyasmiarni Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277
Diana, R. Y. S. M. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Interferensi celah Ganda. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Negeri Medan, 10(1).
Hamidah, H., Noer, S. H., & Caswita. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis. Jurnal Pendidikan …, 5(10), 0–10. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/14341
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development. Repository.Lppm.Unila.Ac.Id, 10.
Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Ejournal Unisba, XX(4), 15.
Novan, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830
Sukmawati, W. (2014). Pembelajaran Kontekstual Dengan Saintifik Inkuiri Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi Untuk Meningkatkan Literasi Dan Sikap Sains Siswa.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473
Wuryastuti, S. (2008). Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(April), 13–19. http://103.23.244.11/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_9-April_2008/Inovasi_Pembelajaran_IPA_di_Sekolah_Dasar.pdf

Published
2022-08-18
How to Cite
FIRLIA, Aulia; SUKMAWATI, Wati. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Materi Sumber Energi Kelas III di SD Muhammadiyah 37 Tangerang Selatan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 899-906, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/844>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.844.