Analisis Perbedaan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Luring Siswa Kelas V SDN Tegal Alur 21 Petang

  • Mellynda Nurul Fitria Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka
  • Wati Sukmawati Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka

Abstract

Learning that has been carried out online during the Covid-19 pandemic, especially in Indonesia, is now with conditions starting to stabilize, the government has allowed learning to take place offline or face-to-face, this of course creates problems for the world of education. This research was conducted with the aim of being able to answer questions in an empirical form on the differences between online learning and offline learning in mathematics subjects with the volume of geometric figures seen on student learning outcomes. The method applied to the research is descriptive quantitative approach, while the students who are used as samples in this study are class V students. From the research that has been successfully completed, the data is obtained through instrument tests and interviews with students and teachers, this research was conducted as an evaluation of online and offline learning during the pandemic and post-pandemic.. The results of the study found that students have an average value of online learning that is greater than offline learning. In the results of hypothesis testing it was found that  is 4,910 greater than  is 4,10, so there are significant results, that there is a difference in learning outcomes in online learning and offline learning. This is also increasingly supported by the results of interviews that have been conducted with students and teachers.


 


Pembelajaran yang telah dilakukan secara daring ketika adanya pandemi covid-19 terutama di Indonesia, kini dengan kondisi yang mulai stabil, pemerintah mengizinkan kembali pembelajaran berlangsung secara luring atau tatap muka. Hal ini tentunya menimbulkan permasalahan bagi dunia pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar dapat menjawab pertanyaan dalam bentuk empiris terhadap perbedaan pembelajaran daring dengan pembelajaran luring pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang dilihat terhadap hasil belajar siswa. Metode yang diterapkan pada penelitian yaitu metode deskriptif pendekatan secara kuantitatif, adapun siswa yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Dari penelitian yang sudah berhasil diselesaikan data didapatkan melalui tes instrumen soal dan wawancara kepada siswa dan guru, penelitian ini dilakukan sebagai evaluasi terhadap pembelajaran daring dan luring semasa pandemi dan pasca pandemi. Hasil penelitian ditemukan siswa memiliki rata-rata pada nilai pembelajaran daring lebih besar daripada pembelajaran secara luring. Pada hasil uji hipotesis ditemukan bahwa sebesar 4,910 lebih besar dari  4,10, maka terdapat hasil yang signifikan, bahwa adanya perbedaan dari hasil belajar pada pembelajaran secara daring dengan pembelajaran secara luring. Hal tersebut juga semakin di dukung atas hasil wawancara yang telah di lakukan kepada siswa dan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 9(April), 75. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1
Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitaif. Airlangga Univiersity Press.
Atika, Hafic, S. (2021). Studi Komparatif Hasil Belajar Bahasa Indonesia Secara Luring dengan Daring Siswa Kelas V SD GugusII. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 416–422. 103.76.50.195/JIKAP/article/view/21749/11826
Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187–193.
Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Hasan, M., Thamrin, M. I., Rahmatullah, R., Pratama, M. A. D., & Darwis, N. W. (2021). Implementasi Pembelajaran pada Berbagai Jenjang Pendidikan di Daerah 3T Pada Masa Pandemi Covid-19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 47. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.413
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan.
Mira, S., & Royani, Sopiah, Sahriani, Rahmi, Siregar, M. (2021). Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD UNDIKSHA, 9(2), 351–357.
Nuban, M. S., Astuti, S., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Perbedaan Pembelajaran Luring dan Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 “Sumber Energi” Kelas III Sekolah Dasar di Kota Soe. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 275-282. https://doi.org/10.5281/zenodo.5150359
Nurdin, Hamdhana, D., & Iqbal, M. (2018). Aplikasi Quick Count Pilkada Dengan Menggunakan Metode Random Sampling Berbasis Android. E-Journal Techsi Teknik Informasi, 10(1), 141–154. https://doi.org/10.29103/techsi.v10i1.622
Nurlan, F. (2019). Metodologi Penlitian Kuantitaif (Asnidar, Ed.). CV. Pilar Nusantara.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif (A. Rachmatullah, Ed.). Indigo Media.
Sobron, A. N., Bayu, Rani, & Meidawati, S. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5.
Sukmawati, W. (2017). Pembelajaran Kontekstual dengan Saintifik Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi dan Sikap Sains Siswa. Bioeduscience, 1(1), 31. https://doi.org/10.29405/bioeduscience/31-37111085
Utomo, M. A. D., Mutrofin, M., & Alfarisi, R. (2021). Keefektifan Pembelajaran Daring untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok. Jurnal Ilmu Pendidikan …, 8(1), 1–6.
WHO. (2020, March 11). WHO Director-General’s opening remarks at the media briefing on COVID-19. https://www.who.int/director-general/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020
Published
2022-08-15
How to Cite
FITRIA, Mellynda Nurul; SUKMAWATI, Wati. Analisis Perbedaan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Luring Siswa Kelas V SDN Tegal Alur 21 Petang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 833-840, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/853>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.853.