Pengaruh Praktikum Perubahan Wujud Materi Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Aulia Nur Baitty Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka
  • Wati Sukmawati Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka

Abstract

Video based practicum learning is very important to further develop and understanding of science concepts for elementary school students. This researcher aims to determine the effect of the video based material transformation practicum on the understanding of the concepts of 5th graders students at SDN Duren Sawit 07 Jakarta. The research used a quasi-experimental quantitative method with a Nonequivalent Control Group Design. The place and population of the research, were the 5th grade students of SDN Duren Sawit 07 Jakarta, totaling 56 students, divided into experimental class and control class. Information was collected using pretest and posttest question. This show that the typical value of the experimental class and control class using the N-Gain equation is 70,72% in the experimental class and 43,32% in the control class. The strategy of testing hypothesis information using Peireds T-Test obtained an importance value of 0,000 < 0,05. The results showed that there was an effect that video based practicum could increase understanding of science concepts for 5th grade elementary school students.


Pembelajaran praktikum berbasis video sangat penting untuk lebih mengembangkan teoritis dan pemahaman konsep sains peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum perubahan wujud materi berbasis video terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SDN Duren Sawit 07 Jakarta. Penelitian tersebut menggunakan metode kuantitatif quasi experimental dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Tempat dan jumlah populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Duren Sawit 07 Jakarta yang berjumlah 56 peserta didik, dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Informasi dikumpulkan dengan menggunakan pretest dan posttest. Menunjukkan bahwa nilai mean pemahaman konsep IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menggunakan persamaan N-Gain adalah 70,72% di kelas eksperimen dan 43,32% di kelas kontrol. Strategi pengujian informasi hipotesis dengan menggunakan uji-t Peired diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh praktikum berbasis video dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA bagi peserta didik kelas V SD.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aen, R. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd Menggunakan Media Visual Berupa Media Gambar Dalam Pembelajaran Ipa. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(3), 99–103. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/4273
Arif Yudianto. (2017). Penerapan Video sebagai Media Pembelajaran. 234–237.
Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. Jinotep (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media. 96–102.
Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959
Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar 1. 01(1), 49–54.
Maryana, S., & Sukmawati, W. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 205. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.428
Mera Putri Dewi, F. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 170–176.
Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference, 14, 62–68.
Nismalasari, Santiani, dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan GETARAN Harmonis. 4(48), 74–94.
Prof.Dr.Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (Issue 465).
Ruhiyat Adi Prautama. (2015). Media Pembelajaran Video Animasi. 10(August), 23–37.
Rukminingsih, Adam Dr.Gunawan, L. A. P. M. (2020). Medote Penelitian Pendidikan (A. H. Munastiwi Erni (ed.)).
Sukmawati, W. (2017). Pembelajaran Kontekstual dengan Saintifik Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi dan Sikap Sains Siswa. Bioeduscience, 1(1), 31. https://doi.org/10.29405/bioeduscience/31-37111085
Yesenia Daely. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Kosep Matematika. 1–47.
Published
2022-08-19
How to Cite
BAITTY, Aulia Nur; SUKMAWATI, Wati. Pengaruh Praktikum Perubahan Wujud Materi Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 944-950, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/859>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.859.