Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS

  • Sayyidah Intan Nurul Izzah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Wati Sukmawati Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka

Abstract

The purpose of this study is to examine the impact of the PBL (Problem Based Learning) model on students motivation to learn about social studies in 4th grade elementary school students.. Using a quantitative experimental approach with a quasi-experimental research methodology, researchers cannot control all external variables that affect the experiments outcome.. The t test was used to examine the test results once they were collected. There was no significant difference in students learning motivation between the PBL approach and the conventional model, according to the findings. The tcount ttable value of 0.661 1.672 demonstrates this. As a result, H0 is accepted and H1 is rejected, indicating that the Problem Based Learning (PBL) Model has no effect on students willingness to learn social studies when compared to students who do not use the Problem Based Learning (PBL) Model.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL (Problem Based Learning) terhadap motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas 4 SD. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan metode penelitian quasi experiment dimana peneliti tidak dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Data yang didapat dari pemberian tes dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik yang menggunakan model PBL dengan model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari thitung < ttabel,yaitu 0,661 < 1,672. Dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak, yang artinya tidak ada pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS peserta didik antara yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SDN Susukan 07 Pagi.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R. F. (2018). Studi Analisis Perilaku (Analisis Faktor-faktor Komitmen Organisasional dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru Madrasah Swasta di Jawa Tengah. Skripsi, 121–180. http://repository.radenintan.ac.id/4176/10/9.10. BAB III Disertasi Dr. Rofiq f. Akbar.pdf
Alfianiawati. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/5400/2795
Amalia Fitri, D. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (Mely Rizki). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Danial, M. (2010). Pengaruh Strategi PBL Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Respon Mahasiswa The Effects of PBL Strategy to Students Metacognition Skill and Respon. Chemica, 11, 1–10.
Fitriani, M. (2017). Pengaruh Model PBL Terhadap Motivasi Belajar Sistem Koordinasi pada Siswa di SMA Negeri Bantaeng. Melli Fitriani, 5(1), 228–239.
Herman, Y. (2016). Analisis Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Penerapan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49100
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 257–265. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5621/4871
Mungzilina. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, VI(2), 93–99. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209
Santika. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah …. … Pembelajaran …, X, 105–117. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/3397
Sriwahyuni. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 80–87. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24101
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
Syaparuddin. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/326/154
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/318
Tego Prasetyo, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Sd. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 13–18. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.1919
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Published
2022-08-10
How to Cite
IZZAH, Sayyidah Intan Nurul; SUKMAWATI, Wati. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 765-772, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/852>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.852.